Kamis, 20 Mei 2010

Bagaimana Menulis Artikel untuk Pembaca

Blog pada dasarnya adalah menulis. Modal dasar seorang blogger adalah ide yang kemudian dituangkan di dalam posting. Ketika blogging menjadi aktifitas rutin kamu, maka kamu sebetulnya sudah menjadi seorang penulis, tepatnya penulis konten. Tapi menulis post yang menarik pembaca dibutuhkan skil. Agar artikel atau posting kamu enak dibaca dan disimak pengunjung.
Bagaimana menulis artikel yang asyik dibaca pengunjung blog anda?
Kenali pengunjung anda
Pertama yang kamu perlu tanamkan di pikiran kamu adalah topik yang menarik buat pembaca (bukan buat anda)? Tuliskan artikel yang pembaca akan komentari dan tetap mengikuti setiap posting anda. Ini berarti anda harus mengenali pembaca blog anda. Tuliskan artikel dengan pengalaman pribadi, relevan dengan konsep niche (spesifik).
Jika artikel anda sesuai dengan keinginan pembaca, maka posting anda akan membuat mereka terkesan.
Menulis dengan bahasa sederhana
Menulis artikel dengan bahasa sederhana sangat dibutuhkan pembaca. Setiap kata, kalimat, paragraf akan mudah dicerna dan dipahami. Apalagi jika menyangkut artikel-artikel rumit, maka pengunjung akan mudah mengikuti setiap petunjuk di dalam posting anda. Jangan sampai mereka harus membuka kamus untuk mengerti beberapa kata dari artikel anda. Ini sama anda menyiksa mereka. Sederhanalah! Sebagaimana yang saya lakukan di dalam posting blog saya.
Sentuhan pribadi
Artikel dengan sentuhan pribadi selalu menarik pembaca. Pembaca mengunjungi blog Anda untuk mendapatkan informasi tertentu,jadi sampaikanlah dengan bahasa  komunikasi yang enak dan mengalir. Memberikan sentuhan pribadi untuk setiap artikel seperti menjalin hubungan personal dengan pembaca dan juga mudah dimengerti.
Sudut Pandang

Setiap artikel harus memiliki sudut pandang. Anda harus menyelipkan opini, sudut pandang anda terhadap suatu topik. Misalnya saja anda membahas pengumuman Google tentang adsense, maka selipkan apa opini anda terhadap bahasan tersebut. Tentu saja opini itu berdasarkan pengalaman pribadi anda. Paling tidak, anda telah mencobanya.
Jangan takut dalam memberikan sudut pandang Anda pada informasi apapun. Sudut pandang yang tajam, sangat disuka pembaca!
Jadilah yang unik dan tidak jiplak
Jika Anda menulis artikel untuk pembaca Anda, Anda harus inovatif. Ingat, mereka tidak cuma mengunjungi blog anda. Mungkin saja posting anda sudah pernah mereka lihat sebelumnya di blog lain. Mereka butuh artikel yang unik, orisinil dan berbeda. Menulislah dalam kata-kata Anda sendiri dengan gaya menulis anda sendiri. Coba lihat blog lain, mereka semua memiliki  gaya penulisan mereka sendiri yang membuat mereka berbeda dan unik.
Jika Anda benar-benar ingin menulis artikel Anda untuk pembaca Anda, jadilah dirimu sendiri. Dan anda akan jadi blogger yang sukses.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

 
Copyright © 2010 FaceBookan | Design : Noyod.Com | Images : Red_Priest_Usada, flashouille